7 Hukum Kausalitas

Semoga 7 hukum kausalitas di bawah menjadi penyemangat bagi kita untuk perbaikan kualitas diri :

  1. Hukum Keyakinan (The Law of Believe); apapun yang kita yakini dengan sepenuh hati akan menjadi hati kenyataan *klo 1/2 hati jadi separuh nafas alias sesak napas alias asma bin hopeless🙂.
  2. Hukum Harapan (The Law of Expectation); apapun yang kita harapkan dengan penuh percaya diri menjadi harapan yang terpenuhi dengan sendiri *over pede jangan juga, nanti masuk dalam kategori komunitas lebay-lebay🙂.
  3. Hukum Ketertarikan (The Law of Attraction); kita adalah magnet hidup yang menarik orang-orang, situasi&keadaan yang sejalan dengan pikiran dominan ke dalam hidup kita *asalkan jangan membuat polarisasi diri saja, karena akan runyam jika sama berdiam pada kutubnya masing-masing tanpa adanya interaksi yang mutualistik.
  4. Hukum Kesesuaian (The Law of Correspondence); dunia luar merupakan cermin dunia dalam kita, sesuai dengan pola yang dominan pikiran dan hati kita * selalu ada korelasi esensial antara dunia yang sedang kita hadapi di luar sana dengan dunia batin yang sedang bergejolak dalam diri kita, dan inilah bagian dari penerangan batin.
  5. Hukum Memberi (The Law of Giving); setiap apapun yang kita berikan dengan ikhlas hati akan dikembalikan kepada kita dengan nilai yang bertambah *pelit dan perhitungan hanya mengurangi keberkahan nilai.
  6. Hukum Kesyukuran (The Law of Gratitude); bila kita bisa mensyukuri dari setiap pemberian dalam hidup maka akan semakin bertambah anugerah yang akan kita terima *bersyukur akan semakin mengayakan jiwa dan batin, inshaAllah  material juga menyertainya.
  7. Hukum Kesuksesan (The Law of Success); kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan, kebahagiaanlah itulah kunci kesuksesan bila kita mencintai apa yang kita kerjakan maka kita akan mencapai keberhasilan * bener juga, gak semua orang sukses bisa mendapatkan kebahagiaan, dan kebahagiaan itu sebenarnya sederhana sekali.
  • Adapun kaidah KAUSALITAS adalah : Be – Do – Have; Be = Ilmu menjadi (being), Do = Ilmu tindakan (doing), Have = Ilmu memiliki (having) *nyengir, ternyata ilmu omong doang gak ada, dimana-mana yang dibutuhkan memang action dan bukti. Sedangkan strategi menyusun teknik Be-Do-Have adalah sebagai berikut :
  1. Have adalah apa yang ingin kita capai, raih, wujudkan atau miliki (target, dream dan goal). Kaidahnya adalah : Specific (khusus), Measurable (terukur), Achievable (bisa dicapai), Reasonable (masuk akal), Time-phased (berbasis waktu) *intinya ada scope yang ingin dicapai dan dan batasan waktu, menarik juga, memang harus ada target!!! ketika tidak kunjung sampai target sudah seharusnya dievaluasi untuk tidak di-Have-kan aka peremajaan Have; sedekahkan saja dengan ikhlas🙂, mungkin waktunya masih belum tepat.
  2. Do adalah aktivitas berupa action. Do haruslah sebanding dengan Have. Dalam hal ini berlaku hukum “Man Jadda Wa Jadda” (siapa yang bersungguh-sungguh, dia yang akan mendapatkannya). Kaidahnya adalah Knowledge (Ilmu), Skill (Kemampuan), Tools (Alat), Tools (Alat), System (Strategi), Eksekusi di Lapangan, Controlling secara berkala *Intinya more works, less words.
  3. Be adalah ilmu menjadi (ilmu sifat) yaitu sifat apa yang harus kita miliki sehingga DO bisa kita lakukan yang pada akhirnya Have dapat tercapai. Banyak sekali orang yang telah memiliki impian dan cita-cita, namun hanya sedikit sekali yang berhasil menggapainya. Faktor terbesar penyumbang kegagalan meraih target dan impian ternyata adalah ketiadaan sifat, sikap, watak, karakter, mental, mindset, paradigma atau pola fikir yang relevan.

“Jika ada sesuatu yang kita inginkan tidak terjadi atau sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi pada kita, maka kita harus memperbaiki 2 hal, yaitu  1. Diri Kita (BE), dan 2. Cara-cara Kita (DO)”

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Ismi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s