Ketidakpastian

Ditulis oleh : Ary Ginanjar Agustian

Mengapa begitu banyak orang ingin menjadi karyawan atau pegawai negeri ? jawaban adalah satu kata : ” Kepastian “. Kepastian dapat gaji setiap bulan, kepastian dapat beras setiap bulan, kepastian dapat jaminan kesehatan, dan terakhir, dapat jaminan uang pensiun!.

Mengapa saudara kita dari Cina sukses dalam sisi ekonomi ?  Jawabannya juga hanya satu kata : ” ketidakpastian”. Akibat ketidakpastian pendapatan maka mereka  berdagang, akibat ketidakpastian uang pensiuan maka mereka menabung. Semakin ketakutan akan sakit, maka semakin keras mereka berusaha bangkit, semakin takut akan hari tua semakin cepat mereka mengajari anak mereka berdagang.

Mengapa ketidakpastian kapan akan datang kematian dirahasiakan Tuhan ?  jawabannya : “Agar manusia melakukan yang terbaik setiap hari “. Bayangkan kalau sekiranya si Fulan tahu pasti ia akan meninggal tangggal 15 januari 2020. Maka ia sekarang bisa berbuat maksiat apa saja yang dia suka, korupsi suka-suka, pacaran suka-suka, minum suka-suka. Lalu 40 hari sebelum meninggal ia pergi haji, lalu bertobat. menjelang saat kematian si koruptor pemabuk itu kemudian menunggu di depan Multazam seraya berzikir lalu meninggal dunia khusnul kahtimah. Enak saja ya!.

Kesimpulannya, bahwa ketidakpastian adalah sebuah rahmat Nya. Allah ingin agar manusia waspada dan mengeluarkan potensinya yang terbaik, sehingga manusia memberikan daya upaya yang terbaik selama hidupnya. Ketidakpastian justru kekuatan kita. Ketidakpastian adalah rahmat !

Coba perhatikan semut, lebah atau burung. Mereka juga hidup dalam ketidakpastian, akan tetapi mereka tetap dapat makanan hingga ke anak cucu mereka, bahkan mereka tidak pernah melamar pekerjaan sebagai pegawai negeri.

Perhatikan perlombaan balap mobil formula satu, akibat ketidakpastian bahwa dirinya akan juara, maka mereka berusaha menciptakan jenis mobil formula satu, seperti Lotus dan Ferrari yang mampu berlari kencang!. Kalau mereka sudah pasti dapat giliran akan juara, maka paling -paling yang lahir adalah jenis kendaraan bemo atau bajaj saja…..

Jangan takut dengan ketidakpastian, percaya dan yakinlah bahwa apa yang kita takutkan itu umumnya tidak terjadi. Percayalah pada diri sendiri, dan percayalah pada Allah Yang Maha Memberi Rizki. Kuncinya, yakinlah bahwa kita akan berhasil, jangan pernah ragu, jangan takut, dan terus berlari sebagai calon juara ! Yakinlah bahwa Anda akan sukses 100 % kelak ! Insya Allah. Tidak akan ada jalan buntu, yang ada hanya jalan yang sedikit berliku. Terima ketidakpastian sebagai Rahmat Nya.

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Hendaklah kamu berdagang, karana di dalamnya terdapat 99 pintu rezeki”( H.R. Ahmad )

***

Wow, luar biasa, bisa menjadi nutrisi menjelang berbuka, selamat berbuka bagi yang sedang menunaikan ibadah puasa, semoga do’a kita semua diijabah olehNya dan kesulitan serta ujian yang sedang kita alami dimudahkan…Amin Yaa Mujiib.

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Serius. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s