Batik Madura yang Berkarakter

Motif Batik Pamekasan; IDR 150K

Syukurlah kain batik Madura yang saya bawa dari Madura yang tadinya mau saya buat atasan laku juga ke teman kantor lama saya yang berlokasi di Daan Mogot, Jakarta Barat. Berawal dari perbuatan iseng saya di facebook, saya mengambil foto kain batik yang saya bawa tersebut, kemudian saya mengupload-nya di facebook disertai dengan harganya. Seorang teman memberikan respon dan komentarnya, dan terjalinlah transaksi antara kami. Ada barang, ada uang; seketika teman akan melakukan pembayaran via transfer rekening, namun saya menolaknya supaya dia bisa melihat dulu barangnya dan sekalian juga sudah lama saya tak ke sana untuk bersilaturrahim dengan teman-teman IT Support. Keesokan harinya, saya pun ke sana dan memberikan sedikit penjelasan tentang batik Madura meskipun saya bukanlah orang yang ahli dalam hal perbatik-an.

Yang namanya dagang, untung adalah hal yang biasa meskipun tipis; ya, kalau tidak mau untung mengadakan acara bakti sosial saja. Tak perlu dibahas juga berapa keuntungan yang saya dapatkan dari keisengan berdagang saya ini. Yang jelas, menarik juga menjual produk budaya sendiri yang kadang-kadang orang lain belum paham. Ada semacam edukasi budaya di dalamnya. Dan terkait dengan hal ini, saya memberikan informasi kepada teman saya tersebut bahwa batik Madura ada bermacam-macam motifnya, di setiap wilayah memiliki corak yang khas; sebutlah corak batik di atas adalah corak batik Pamekasan yang tidak ramai, namun sentuhan warna Madura tetap mendominasi, sedangkan kalau batik Bangkalan agak lebih ramai motifnya dengan warna yang ngejreng, dan kalau batik Sampang dan Sumenep mohon maaf saya masih dangkal ilmunya sehingga saya tidak bisa banyak berargumen. Meskipun saya orang Bangkalan, saya lebih menyukai motif batik Pamekasan karena tidak terlalu ramai coraknya, sederhana dan lebih berkarakter dibandingkan motif-motif batik madura yang saya tahu. Bagi saya karakteristik tampak dari gambar dan coraknya yang bisa menyatukan karakter orang Madura yang kuat dan kesantunan budaya Madura. Mohon maaf apabila saya terkesan sok tahu dan berlebihan. Tap tenang saja, tidak ada sedikit pun unsur rasis dalam pemberian penilaian saya ini. Ini berdasarkan apa yang saya pahami saja.

Motif Akar; Batik Tulis Tanjung Bumi

Ada hal menarik dari pertanyaan sekaligus pernyataan teman saya terkait dengan “Gentongan”, yang merupakan motif kain batik Madura termahal yang harganya bisa mencapai jutaan dan dengan coraknya yang khas itu. Kalau sudah sampai ibu kota memang akan berjuta-juta harganya karena pertimbangan biaya transportasi dan kalau sudah jadi model baju juga pertimbangan jahit-modenya. Menurut saya, kalau untuk sehari-hari lebih baik yang batik tulis yang kualitasnya bagus dan sesuai selera saja, tak perlu yang mahal-mahal, kecuali kalau memang dirasa perlu untuk mempergunakan produk gentongan tersebut; misalnya : seminar appresiasi budaya dalam lingkup nasional dan internasional, untuk apa? untuk lebih memperdalam khasanah budaya Indonesia yang memiliki karakteristik yang berbeda itu. Dan perlu dipertimbangkan juga untuk masalah model baju batik di Madura kurang begitu bervariasi, jadi saya sarankan untuk membeli kain batiknya saja dan dijahitkan saja ke orang lain dengan model yang disuka. Mungkin ini akan menjadi tantangan bagi orang Madura sendiri untuk membuat mode yang kolaboratif yang bisa memadukan unsur tradisional dan modern; misalnya baju batik Madura dipadukan dengan sentuhan melayu (baju kurung), jepang (kimono) atau shanghai. Bisa juga batik Madura beraksenkan Internasional; misalnya saja Blazer atau Jas yang bermotifkan batik.

Jadi menurut pandangan saya; hanya orang-orang yang mata budayanya terbuka yang bisa memberikan appresiasi yang pantas bagi hasil kerajinan tangan masyarakat Indonesia, khususnya Batik. Majulah terus budaya Indonesia, berbanggalah dengan batik Madura yang berkarakter itu.

NB : Bagi yang ingin memesan atau membeli batik Madura, bisa menghubungi saya melalui  blog atau email yang sudah saya sertakan dalam blog ini : (iis.rasjeed@gmail.com) 

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Jualan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

