Ceritanya Pak De Steve Jobs

Mupeng peng peng...

Alhamdulillah,

Di hari ke-26 Ramadhan, tiba-tiba muncul keinginan hati untuk membuat kategori enterpreneur(ship) bukan karena rasa shock atas hengkangnya (baca: resign) Steve Jobs dari Apple, tapi lebih kepada memicu diri untuk terus belajar bidang ini karena siapa tahu saya bisa jadi profesional di bidang ini melalui transfer ilmu dan menggerakkan masyarakat untuk peduli dan sadar di bidang ini. Dan untuk beberapa tahun ke depan (bukan tahun ini loh ya, mesti belajar dan mencoba dulu) bisa menjadi praktisi di bidang ini, atas dasar apa? untuk bersedekah; ilmu, pengalaman dan kalau diberikan kelapangan harta juga boleh disedekahkan. Sedekah ibarat tanaman; semakin kita pangkas/potong maka akan semakin tumbuh anak-anak tanaman yang lebih banyak.

Ok, sekarang saya mau gosipin Steve Jobs dulu ya, yang merupakan salah satu Enterpreneur dan CEO terhebat di dunia. Kalau masih belum ada yang kenal, sedikit paparan  tentang Steve Jobs;
(1) Dilahirkan di San Franciso, California, USA pada 24 Februari 1955 dari pasangan Joanne Simpson dan seorang ayah keturunan Mesir-Arab (nama tidak diketahui). Pria bernama asli Steven Paul ini kemudian diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs yang berasal dari Montain View, Santa Clara Country, California. Sedikit share tentang proses adopsi Steve adalah : sebelum dia dilahirkan, ibu kandungnya adalah mahasiswi belia yang hamil karena “kecelakaan” dan memberikannya kepada seseorang untuk diadopsi. Ibunya bertekad bahwa  anaknya harus diadopsi oleh keluarga sarjana, makanya Ibunya pun membuat perjanjian saat mengandung untuk memberikan anaknya kepada seorang pengacara dan istrinya. Yang terjadi kemudian adalah pengacara dan istrinya tidak jadi mengadopsinya karena pasangan tersebut menginginkan bayi perempuan. Setelah beberapa saat sang ibu menawarkan diri ke pasangan yang lain yang kemudian menjadi ayah dan ibu angkat Steve. Awalnya sang ibu ini menolak karena latar belakang pendidikan pasangan ini tidak sesuai dengan kualifikasi yang diinginkannya; ibu angkatnya tidak pernah lulus kuliah dan bahkan ayah angkatnya bahkan tidak tamat SMA. Sikapnya baru melunak beberapa bulan kemudian setelah pasangan yang kemudian menjadi orang tua angkat Steve ini berjanji akan menyekolahkannya sampai perguruan tinggi
(2) 17 Tahun kemudian, orang tua angkat ini benar-benar menunaikan janjinya dengan memasukkan Steve ke bangku kuliah. Dia memilih Universitas yang hampir sama mahalnya dengan Stanford sehingga seluruh tabungan orang tuanya yang hanya pegawai rendahan habis untuk biaya kuliah. Universitas yang dia masuki adalah Reed College di Portland, Oregon yang merupakan salah satu kampus yang terbaik dalam hal kaligrafi.
(3) Setelah 6 bulan kuliah, ia tidak mendapat manfaat dari kuliah dan memutuskan diri untuk keluar (baca : DO) karena dia tidak tahu apa yang harus dia lakukan dan bagaimana kuliah akan membantunya menemukan sesuatu yang diinginkannya.
(4) Begitu DO, ia tidak harus mengikuti perkuliahan normal, ia memutuskan mengikuti kelas kaligrafi guna mempelajarinya. Ia belajar jenis-jenis huruf Sherif dan San Sherif, membuat variasi spasi antar kombinasi kata dan membuat tipografi yang hebat. Saat itu sama sekali tidak terlihat manfaat kaligrafi bagi kehidupannya. Namun setelah 10 tahun kemudian, ketika ia bersama rekannya mendesain komputer Macintosh yang pertama, ilmu itu sangat bermanfaat.
(5) Steve Jobs adalah pemimpin perusahaan Apple Computer dan tokoh utama di Industri Komputer. Sebagai pendiri (dengan Steve Wozniak) Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer rumah tangga dengan Apple II. Ia juga merupakan salah satu orang yang pertama menyadari potensi untuk mengomersilkan antarmuka pengguna grafis (GUI-Graphical User Interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Macintosh. Ia juga pimpinan dari Pixar Animation Studios; sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar (banyak kan film animasinya, saya ada dvd-nya dan baru ngeh klo itu punya Om Steve setelah membaca biografinya).

::. Perjalanan Steve Jobs Menjadi Enterpreneur  .::
(I) Setelah DO dari kampusnya, pada tahun 1974 ia kembali ke California dan bersama rekan kerjanya yang juga sama sebagai perancang permainan di Atari Inc, Steve Wozniak membuka usaha sementara untuk membuat sebuah kotak peralatan berdasarkan ide yang memungkinkan orang untuk membuat SLJJ secara gratis.
(II) pada tahun 1976, Jobs berusia 21 tahun dan Wozniak berusia 26 tahun mendirikan Apple Computer Co di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan mereka diberi nama Apple I dan dijual dengan harga AS$666.66, harga ini merupakan referensi terhadap nomor telpon dari Wozniak’s Dial-A-Joke machine yang berakhir dengan -6666
(III) Tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda.
(IV) Tahun 1980, Apple Computer mencatat namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.
(V) Tahun 1983, seiring dengan kesuksesan Apple di pasaran maka diperlukan pemimpin baru untuk membantu perkembangan perusahaan tersebut. Jobs pun menggaet John Sculley dari perusahan Cola untuk memimpin Apple dengan menantangnya melalui pernyataannya “Apakah kamu mau menjual minuman berkarbon seumur hidupmu, atau maukah kamu mengubah dunia?” (Do you want to just sell sugared water for the rest of your life, or do you want to change the world?). Di tahun ini Apple juga mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu tapi gagal meraih pembeli di pasar.
(VI) Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh (ini niy yang jadi incaran saya yang masih belum terwujud sampai sekarang, inshaAllah setelah ini Apple ada di genggaman…Amin Yaa Mujib). Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple.
(VII) Meskipun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, banyak juga yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Pada tahun 1985 Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya karena banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple. Jobs pun mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa. NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal. kecuali di lingkup riset sains.
(VIII) Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Jobs bekerja di Apple selama beberapa tahun dengan gaji AS$1/tahun. Karenanya dia tercatat di buku Ginness World Records sebagai “pemimpin perusahaan dengan gaji terendah” (Lowest Paid Chief Executive Officer)
(IX)Tahun 1991  Jobs menikah dengan Laurene Powell dan memiliki 3 anak dari pernikahannya. Dia juga memiliki seorang putri dari pernikahannya yang pertama.
(X) Pada tanggal 31 Juli 2004 Jobs menjalankan operasi untuk mengeluarkan tumor di pankreasnya. Ia mengidap sejenis kanker pankreas yang tergolong langka, yang dikenal dengan nama Islet Cell Neuroendocrine. Tim Cook yang merupakan kepala sales International dan operational di Apple mengambil alih tugasnya sementara selama dia dalam pengobatan. Dan katanya ya resign-nya Jobs di tahun ini dikarenakan penyakit pankreas yang dideritanya (mohon koreksi klo klo saya salah, ini berdasarkan info yang saya dapat dari twitter).

::. Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Perjalanan Jobs #kataJOBS .::
(1) Andaikata saya tidak DO, saya tidak berkesempatan mengambil kelas kaligrafi dan PC tidak memiliki tipografi yang indah.
“Anda tidak akan dapat merangkai titik dengan melihat ke depan; Anda hanya bisa melakukannya dengan merenung ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik Anda bagaimanapun akan terangkai di masa mendatang”.
(2) Bagaimana mungkin Anda dipecat oleh perusahaan yang Anda dirikan? Yah, itulah yang terjadi. Kami (baca : Jobs dan Woz, red) bekerja keras dan dalam 10 tahun Apple berkembang menjadi perusahaan 2 milyar dollar dengan 4000 karyawan.
o) “Kadangkala kehidupan menimpakan batu ke kepala Anda. Jangan kehilangan kepercayaan. Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan. Anda harus menemukan apa yang Anda sukai; berlaku baik untuk pekerjaan maupun pasangan hidup Anda. Bila Anda belum menemukannya. teruslah mencari”.
0) “Jangan menyerah. Hati Anda akan mengatakan bila Anda telah menemukannya“.
(3)  Mengingat bahwa kematian adalah kiat penting yang saya temukan untuk membantu membuat keputusan besar.
0) “Kematian membuat hidup berputar. Dengannya maka yang tua menyingkir untuk digantikan yang muda”
0) “Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain”
0) “Jangan biarkan omongan orang menulikan Anda sehingga tidak mendengar kata hati Anda”
0) “Yang terpenting, miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi Anda, maka Anda pun akan sampai pada apa yang Anda inginkan…”

Semoga bermanfaat, semoga kebaikan Jobs bisa kita teladani. Mohon maaf jika kalimat atau pernyataan yang kurang sesuai.  “Pak De Jobs, klo ada Mac Book Pro gratisan tolong bagiin saya ya …:), salam kenal buat Pak De Jobs “

(Disarikan+Diedit Beberapa) Sumber : “26 Entrepreneur & CEO Terhebat Dunia”, penulis : Daru Wijayanti, Penerbit : Venus

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Enterpreneur(ship). Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s