Kisah Desa Rosetto, Pensylvania

Bismillahirrahmanirrahim,

Silaturrahim ala anak2

Sambil menunggu waktu bedug untuk daerah Bangkalan dan sekitarnya, juga sambil menikmati Ramadhan sore di rumah yang penuh damai dan Alhamdulillah sore ini tak ada gangguan dari sahabat-sahabat kecil saya. Selesai melakukan ritual di rumah saya melanjutkan ke kamar menyalakan TV yang memang berniat nongkrong di sebuah stasiun TV. Memang menunggu Bapak Ary Ginanjar Agustian karena beliau banyak memberikan pencerahan bagi pemahaman ilmu saya. Salah satu tokoh inspirator juga yang sedikit banyak mempengaruhi saya.

Hari ini beliau membahas tentang Networking yang dalam bahasa lebih kerennya dikenal dengan silaturrahim. Sebagai pembuka taushiyahnya beliau menceritakan tentang desa Rosetto, Pensylvania,Amerika. Terus terang dan jujur saja saya belum pernah menginjakkan kaki ke sana, apalagi bertemu penduduknya yang kata beberapa ahli yang sengaja datang ke sana untuk melakukan sebuah penelitian. Jika kebanyakan penduduk dunia meninggal karena penyakit jantung, tidak demikian dengan desa Rosetto. Para ahli pun curiga, ada apa dengan desa itu ?.

Ditelitilah penduduknya terkait makanan, udara, kesehatan dan olah raga. Hasilnya adalah sama saja dengan kebanyakan trend di dunia, tidak ada yang menonjol alias standar-standar saja. Dalam sebuah kesempatan, ahli tersebut pun duduk-duduk di sebuah warung dan apa yang terjadi ? peneliti tersebut melihat orang-orang yang saling berjabat tangan dan bersalaman, selain itu penduduk yang keturunan Italia ini juga gemar memasak dan masakannya dibagi-bagikan ke tetangganya. Inilah yang kemudian diungkap oleh peneliti tersebut kenapa penduduk di desa Rosetto tidak terkena penyakit jantung karena mereka hidup dalam ikatan persaudaraan yang kuat dan terhubung satu sama lain secara langsung. Bukan silaturkabel yang ikatan persaudaraannya terhubung melalui facebook, yahoo messenger, twitter bahkan sosmed yang lain. Silaturrahim itu saling sapa, senyum, salam dan berjabat tangan sehingga terjalinlah ikatan kasih sayang.

Mu’jizat Rasulullah berupa silaturrahim pun terbukti 1400 tahun kemudian.  Karena sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah mengatakan : Siapa yang ingin rezekinya dilapangkan oleh Allah dan dipanjangkan umurnya maka sambunglah tali persaudaraan (silaturrahim). Berdasarkan penelitian lagi, ada beberapa hal menarik tentang kekuatan networking :

  • 70% pekerjaan di dunia didapatkan melalui networking, hanya 30% saja yang didapatkan secara pribadi. Hal ini sudah saya buktikan sendiri, 2 pekerjaan yang saya lakoni beberapa tahun belakangan saya dapatkan dari teman dan karena networking itulah prosesnya cepat dan tanpa banyak keribetan
  • Perlu diketahui bahwa setiap 1 orang memiliki 500 orang di belakangnya

Dari deskripsi singkat diatas dapat disimpulkan beberapa hal :

  1. Orang yang banyak rezeki adalah orang yang paling banyak silaturrahimnya
  2. Orang yang banyak memberi, hartanya tidak akan habis
  3. Silaturrahim memperpanjang usia
  4. Silaturrahim tidak sekedar mendapatkan keuntungan secara finansial, tapi juga memperluas networking.

Yo wes dulu ya, saya mau siap-siap berbuka dulu, semoga bermanfaat dan semoga diberikan keberkahan dalam puasa kita semuanya.

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Islam. Bookmark the permalink.

2 Responses to Kisah Desa Rosetto, Pensylvania

  1. hehehe… maksih infonya, saya tadi nonton ko lupa, nyari2 infonya… eh sumbernya sama, hehehe… semoga berkah…🙂

  2. Is says:

    Yup, sama2, smoga berkah jg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s