Wow…[Nice Sentence]:Untuk Para Ortu

Pakar pendidikan Indonesia mengutip pernyataan seorang ibu rumah tangga di Amerika :

“Saya tidak khawatir kalau anak-anak saya kurang pintar matematika, tidak terlalu ahli mengoperasikan komputer/mahir ilmu sains lainnya, karena kami hanya butuh waktu paling lama 6 bulan untuk memperbaiki, saya justru lebih takut kalau anak-anak saya tidak bisa membudayakan ANTRI dalam hidupnya, karena kami membutuhkan setidaknya 15 tahun untuk memperbaikinya”

Sementara kalau saya sendiri menjadi orang tua lebih takut kalau anak-anak saya tidak bisa MENGAJI. Karena itu sebelum menjadi orang tua persiapkan dan bekali diri dengan kurikulum pendidikan yang benar dan tepat, sehingga tidak lagi tercipta pencitraan orang tua yang yang main fisik atau selalu ngomel-ngomel. Marah tak masalah asalkan ada alasannya dan  tujuannya serta bukan sekedar luapan emosional. Kata Rosulullah : “Jangan Marah”. Kalau sudah marah ubah posisi duduk (kalau tadinya duduk berdiri, atau sebaliknya) dan cepat ambil wudhu’, karena dalam marah setan rupanya memiliki investasi…Audzubikalimatillahi tammati min sarri ma kholaq.

Dan yang penting lagi jangan mendidik anak-anak untuk menjadi pintar dan cerdas secara akademis, tapi bagaimana mendidik dan membimbing mereka cerdas sosial itu yang lebih sulit. Semoga kelak kalau punya anak IP akademis dan sosialnya bisa di atas rata-rata atau maksimal.

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Ismi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

