Empat Hobi yang Buat Hidup Lebih Bergairah

Sekali tepuk, dua tiga pulau terlampaui. Mungkin peribahasa ini tepat menggambarkan manfaat sehat melakukan suatu hobi. Selain menyenangkan, aktivitas selingan tersebut menjadi sumber pengetahuan, alat pengasah keterampilan, dan mampu menimbulkan kreativitas baru. Demikian dijelaskan Winarni Wilman D. Mansoer, psikolog pengembangan kepribadian dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, belum lama berselang.

Bonusnya lagi, menjalani sebuah hobi bukan sekadar baik untuk mental saja, melainkan juga memiliki dampak yang menakjubkan bagi kesehatan Anda. Berikut empat hobi yang dimaksud:

1. Membaca

Saatnya para pencinta buku bisa bergembira. Selain akan memberikan pelbagai informasi dan memperluas wawasan, hobi yang satu ini bisa meningkatkan rasa percaya diri, serta mampu menghindari Anda dari risiko dementia atau kepikunan hingga 63 persen. Demikianlah yang dipaparkan dalam New England Journal of Medicine Study. Bukan itu saja, Profesor Louis Appleby CBE, National Director Mental Health di Inggris, mengungkapkan dengan membaca majalah atau buku favorit, Anda juga akan secara otomatis mampu meningkatkan semangat, menyegarkan pikiran, dan mengasah rasa empati kepada orang lain.

Tips: Usahakan untuk selalu menyediakan satu bacaan, seperti majalah Prevention, surat kabar, atau buku di rumah atau di tas Anda. Trik ini cukup ampuh untuk mengatasi rasa bosan ketika Anda diharuskan menunggu seseorang. Bagi yang suka mengoleksi buku, sampul dan simpanlah koleksi buku-buku dengan rapi dan berurutan agar mudah ditemukan.

(Nah ini dia hobi saya, belum sempat meyampulnya, tapi untuk tempat sudah cukuplah, berada di tengah-tengah ruangan dan mudah dijangkau)

2. Berkebun

Nyaman dengan kegiatan memotong rumput, memangkas tanaman, merapikan pot, memberi pupuk, dan menyiram tanaman? Jika benar, selain mendukung gerakan “go green“, hobi berkebun mampu memberikan dampak yang sama dengan olahraga. Yaitu membakar kalori, menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar gula, serta menurunkan risiko diabetes dan hipertensi. “Menariknya lagi, kegiatan berkebun juga dapat membuat artritis jarang kambuh,” kata Shanon Mescher, Wakil Direktur Arthritis Foundation. Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebab, dengan berkebun Anda akan terbiasa dengan namanya perubahan suhu dari panas ke dingin, yang sering menjadi pemicu kambuhnya gejala artritis.

Tips: Pilihlah perkakas berkebun yang ringan yang memudahkan Anda untuk menopang, menggenggam, dan mengangkatnya. Gunakanlah gerobak sorong kecil untuk membawa peralatan berkebun atau untuk mengangkut rumput-rumput liar. Tidak memiliki pekarangan yang luas? Salurkan hobi berkebun Anda dengan menanam tanaman hias dalam pot di teras rumah.

(baru akan suka, sedang melirik tanaman tetangga yang kira-kira saya suka yang mana untuk kemudian saya ambil anaknya supaya bisa ditanam di rumah, tapi sayang belum terwujud, hanya sempat memotong bunga melati dan memindahkannya ke beberapa pot gak penting, do’akan ya semoga impian memiliki apotik hidup di depan rumah bisa segera terwujud, lagi tahap bertanya-tanya dulu sama tetangga..lumayan juga kalau mau berobat tak perlu ke dokter)
3. Menyanyi

Tidak hanya memberikan keceriaan semata, kehadiran musik juga dapat meredakan nyeri kronis, meningkatkan rasa percaya diri, membantu memulihkan ingatan penderita alzheimer, melepaskan stres, mengatasi kegagapan, dan mempercepat proses penyembuhan pasien stroke. Penelitian dari University of Frankfurt di Jerman juga membuktikan kelompok relawan yang ikut bernyanyi dalam pementasan, memiliki daya tahan tubuh terhadap penyakit lebih baik dan mampu meredakan stres.

Tips: Jangan hanya sekadar mendengarkan musik, tapi ikutlah bernyanyi. Buatlah acara karaoke bersama keluarga atau rekan sekerja di sela-sela kesibukan harian Anda. Tidak perlu malu dengan suara yang pas-pasan, ekspresikan diri sebebas-bebasnya. Selain itu, pilihlah lagu-lagu bernada ceria yang akan membuat anda menjadi lebih bersemangat.

(kalau yang ini sudah sangat terlatih untuk merusak lagunya, hampir setiap hari ditemani musik, tapi hanya mendengarkan orang yang bernyanyi dan untuk menyanyi sendiri sepertinya tak begitu hobi…gimana kalau diganti memancing saja…boleh kan?)

4. Memasak

Ternyata memiliki hobi “bereksperimen” di dapur akan melatih Anda menjadi orang yang lebih tertib dan kreatif. Sebab, dalam hal memasak, Anda dituntut untuk bisa memutuskan hidangan apa yang hendak Anda masak, mempertimbangkan waktu yang diperlukan serta bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, agar proses masak-memasak berjalan lebih mudah dan lancar, Anda harus menyiapkan perkakas serta bahan-bahan terlebih dahulu. Dan dilanjutkan dengan menuruti urutan tata cara yang tepat. Hobi ini juga akan merangsang kreativitas Anda. Biasanya, dari satu resep, Anda akan mampu memodifikasikannya ke dalam menu-menu dan tata penyajian yang baru.

Tips: Gunakan perkakas dapur yang bisa mempermudah kerja Anda, seperti blender dan alat presto. Demi kesehatan seluruh anggota keluarga, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan peralatan dan dapur yang telah digunakan. Lalu, perluas wawasan dunia memasak Anda dengan membaca buku resep, serta kumpulkan resep-resep favorit dengan rapi dalam satu folder.
(apalagi yang ini, hobi saya yang paling utama adalah mencicipi masakan yang sudah ada, kalau di rumah jangan ditanya..pastinya saya tak bisa, perkakas yang sering dipakai adalah spon untuk mencuci, tempat menyimpan garam dan kawan-kawan saja kadang tak tahu, untuk urusan ini Ibu dan abang saya is the best lah pokoke…nothing compare! karena biasanya yang jadi objeknya adalah saya, saking demennya abang saya sampai membeli buku resep, kalau saya mending beli cendol, sate di pasar baru atau bakso dimana saja)

Nah, siapa bilang mencapai sebuah kata sehat itu sulit dan tidak enak? Mari dulang kesehatan yang lebih baik dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, satu di antaranya melalui hobi.(ANS/preventionindonesia.com)
SUMBER : Liputan6.com, Jakarta (dengan diedit beberapa)
(MARI BERKEBUN!!!, kapan bisa dimulai?)

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Ismi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s