Dilema Dengan Soal Seputar Kue

Hari ini saya kedatangan murid baru lagi, dia seorang siswa kelas 3 SMP. SMPnya merupakan SMP almamater saya dulu sehingga mengobrol tentang guru-guru yang masih eksis di sana pun mengalir bagaikan air, bisa-bisa sampai harus kembali ke cerita masa lalu.

Karena beberapa hari dalam minggu ini, si siswa ini ada try out untuk persiapan Ujian Nasional (UN) makanya saya minta ke dia untuk mengerjakan soal-soal dari buku yang dia bawa untuk persiapan try out besok. Kebetulan besok adalah Bahasa Indonesia. Alhamdulillah memori tentang pelajaran ini masih tersimpan dan memberikan penjelasan pun sesuai dengan yang ada di kepala.

Tiba-tiba dalam soal try out  Bahasa Indonesia tersebut ada soal mengenai langkah-langkah membuat kue roti manis, spontan saja yang membaca berulang dan sambil berpikir-pikir merangkai logikanya. Benar-benar saya tidak tahu, pekerjaan yang berhubungan dengan ini adalah pekerjaan di rumah yang jarang jarang sekali saya sentuh, ke dapur hanya mengecek udah selesai apa belum soalnya dapurnya mau saya bersihkan. Jadi pas ada soalnya seperti ini saya lama berhenti di nomer ini dan mikir-mikir (berasa kayak soal hitungan saja, mending matematika deh yang pasti-pasti) kemudian saya bertanya sama sang siswa “ini udah kamu isi ya?”, sang siswa menjawab “udah mbak”, saya bertanya lagi “bener gak ya ini jawabannya tapi kayaknya siy bener, belum tau juga” (masih saya baca saja nomer itu). Gara-gara ada murid yang lain yang memanggil saya maka saya anggap jawaban itu sementara benar tapi masih saya pikirkan sampai sekarang (ckckckckckkckck…bener gak ya jawabannya? au ah bingunnnnnngggg). Semoga saya mendapatkan inspirasi dan menemukan jawabannya sehingga saya bisa menjawabnya dan merevisinya (orangnya lagi bertapa). Semoga juga murid-murid yang lain tidak mendapatkan pertanyaan mengenai hal ini karena jika pertanyaan ini jatuhnya ke anak-anak SD maka bombardir pertanyaan pun tidak akan selesai karena sepertinya mereka sering membantu ibunya di dapur.

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Ismi. Bookmark the permalink.

One Response to Dilema Dengan Soal Seputar Kue

  1. bahtiar says:

    makan-makan …

Leave a Reply

