Orang Madura, Ngidam Setiap Saat

Hallo semuanya,

Inspirasi dari tulisan ini adalah dikarenakan hari ini ketika saya bangun tidur terasa ada yang ingin dimakan, yang murah, yang gratis dan tidak usah ke luar rumah. Dari kemarin, di dapur saya lihat ada buah mentimun (ketimun, red) dan kedondong. Wah….seru juga jika saya meraciknya menjadi rujak ala saya.

Bagi mayoritas orang Madura, berujak (ato rujak-rujakan) merupakan ritual harian yang bisa dilakukan kapan aja (pagi, siang, sore atau malam). Tidak perlu orang itu sedang hamil atau tidak. Jika sudah bertemu buah-buahan dan bahan-bahan lain yang mendukung maka menancapkan gas untuk rujak tak perlu diragukan lagi. Selain sebagai pemuas rasa, berujak juga merupakan dari interaksi sosial karena berujak sering melibatkan lintas generasi, mulai dari yang tua sampai dengan yang muda. Jika tidak percaya, Anda yang kebetulan membaca postingan ini bisa melakukan penelitian di Madura.

Bagaimana tidak dikatakan “Ngidam Setiap Saat”? beberapa hari yang lalu sahabat  saya mengirimkan sms sekitar pukul 7 malam untuk mengajak rujakan. Pesan itu baru saya baca sekitar jam setengah 8an. Langsung saya balas sms itu dengan “Ok, aku kluarin motor dl, bentar lagi ke sana”.  Jadilah kami rujakan dari jam setengaj 9an sampai dengan jam setengah 10an malam. Selebihnya, kami pun curhat-curhat bersama dan pedes-pedes bersama. Sakit peruntya keesokan harinya.

Berikut ini bumbu racikan rujak favorit saya :

1. Rujak Cuka+Asam

Bahan : biasanya menggunakan buah pepaya (tapi klo tidak ada, ya seadanya saja). Untuk sambal cocolannya : terasi goreng/bakar+cabe rawit sesuai selera+gula+garam+asem+sedikit cuka+air secukupnya. Beeeeuh rasanya…seger abisssss

2. Rujak Cuka

Bahan : sama seperti nomer 1 (tidak menggunakan asam). Sebaiknya menggunakan pepaya yang masih muda renyah…kriuk kriuk huha huha..siap-siap sakit perut yang tidak terbiasa

Saran : sebaiknya makan secukupnya sebelum makan rujak supaya perutnya tidak kaget.

2. Rujak Manis

Atau dikenal juga rujak gula merah.

Bahan : Buah-buah yang perlu dipersiapkan -> Timun, bengkoang, nanas, dan buah yang lain. Untuk sambal cocolannya : Kacang, Gula merah, pisang biji, cabe rawit, tomat, sedikit asem, air secukupnya.

Ngulek ah!

Ini dia Rujak Gulanya

3. Rujak Petis Asin

Nah ini yang paling gampang. Bahannya : Mangga muda atau mentimun dengan sambal cocolannya : petis asin secukupnya, tomat, cabe rawit, bawang merah….Wuiiiih mantap…It’s the originial of Madura.

Depan -> Rujak Petis, belakang -> rujak gula

Kompatibilitas Rujak Petis-Sama Apapun Enak

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Ismi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s