Memahami Makna “QURBAN” Idul Adha

Ada sedikit sharingan, berikut point-pointnya :

  • Makna Kurban dalam bahasa Arab sendiri disebut dengan “QURBAH” yang berarti mendekatkan diri kepada Allah
  • Dalam ritual Idul Adha terdapat apa yang disebut “UDLHIYAH” (penyembelihan hewan qurban), yaitu dengan menyembelih hewan tertentu : domba, sapi atau kerbau, dalam rangka memenuhi panggilan Tuhan
  • Idul Adha merupakan refleksi atas catatan sejarah perjalanan kebajikan manusia masa lampau untuk mengenang perjuangan monoteistik dan humanistik yang ditorehkan Nabi Ibrahim
  • Idul Adha bermakna keteladanan Nabi Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan
  • Peristiwa  Qurban dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketaqwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah sang Pencipta
  • Ritual Qurban bukan hanya bermakna bagaimana manusia mendekatkan diri kepada Tuhannya, akan tetapi juga mendekatkan diri kepada sesama, terutama mereka yang miskin dan terpinggirkan. Singkatnya, Qurban merupakan refleksi yang menegaskan pesan solidaritas sosial islam untuk mendekatkan diri kepada saudara-saudara kita yang kekurangan.
  • Peringatan Idul Adha memiliki spirit untuk peduli terhadap sesama. Atas dasar spirit itulah, peringatan Idul Adha memiliki 3 makna penting :
  1. Pertama; makna ketaqwaan kepada sang Khalik, kurban adalah simbol penyerahan diri manusia secara utuh kepada sang pencipta, sekalipun dalam bentuk pengorbanan seorang anak yang sangat dikasihi.
  2. Kedua; makna sosial, kurban dimaksudkan untuk meningkatkan kepekaan dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama. Menggali kembali sisi humanitis yang mulai mereduksi seiring dengan berkecamuknya kepentingan yang super egois. Kurban adalah media ritual, selain zakat, infaq dan sedekah yang disiapkan Islam untuk mengejewantahkan sikap kepekaan sosial.
  3. Ketiga; makna bahwa apa yang dikurbankan merupakan simbol dari sifat tamak dan kebinatangan yang ada dalam diri manusia seperti rakus, ambisius, suka menindas dan menyerang, cenderung tidak menghargai hukum dan norma-norma sosial menuju hidup yang hakiki. Ritual kurban dalam islam dapat dibaca sebagai pesan untuk memutus sifat tamak dan kebinatangan yang ada dalam diri manusia. Manusia, apapun dalihnya, tidak dibenarkan dibunuh atau dikorbankan sekalipun dengan klaim kepentingan Tuhan. Untuk itulah Allah mengganti Ismail dengan seekor kambing, karena Tuhan Ibrahim bukanlah Tuhan yang haus akan darah manusia, berbeda dengan tradisi masyarakat Arab saat itu, yang siap mengorbankan manusia sebagai “sesaji” para dewa.
  • Ada 2 pesan penting dalam Idul Adha :
  1. Semangat Ketauhidan; keesaan Tuhan yang tidak lagi mendiskriminasi ras, suku atau keyakinan manusia satu dengan manusia lainnya. Di dalam nilai ketauhidan itu, terkandung pesan pembebasan manusia dari penindasan manusia lainnya atas nama apapun.
  2. Semangat Humanis; Idul Adha juga dapat diletakkan dalam kontek penegakan nilai-nilai kemanusiaan, seperti sikap adil, toleran dan saling mengasihi tanpa dilatarbelakangi kepentingan-kepentingan di luar pesan pesan profetis agama itu sendiri. Masalahnya, spirit kemanusiaan yang seharusnya menjadi tujuan utama islam, dalam banyak kasus tereduksi oleh ritualisme ibadah mahdah, seakan-akan agama hanya media bagi individu untuk berkomunikasi dengan Tuhannya, yang lepas dari kewajiban sosial-kemanusiaan.

Semoga kita semua diberikan kelancaran finansial (ekonomi) dan psikologis (dijauhkan dari sikap eman aka perhitungan sangat) sehingga bisa berqurban menurut kemampuan yang kita miliki. Dan tak lupa diberikan kemampuan fisik sehingga bisa memaknai qurban dengan cara berpuasa sunnah, InshaAllah. Selamat Berqurban bagi semuanya; semoga kita semua bisa menjadi manusia yang tidak hanya sholeh personal, tapi juga sholeh sosial.

Rujukan : Majalah LK ESQ JATIM, Edisi 41, Oktober 2012.

 

 

About Is

Iis Rasjeed
This entry was posted in Islam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s